Kemitraan untuk Boafeo - Tananua Flores

Breaking

Home Top Ad


Post Top Ad





Selasa, 25 Juni 2019

Kemitraan untuk Boafeo

Ende-Tananuaflores. Boafeo adalah sebuah desa di kecamatan Maukaro kabupaten Ende. Sebuah desa pedalaman dengan mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani dan sampai dengan tahun 1990-an sangat terkenal dengan komoditi kopi. Dari segi budaya memiliki adat dan budayanya yang mendorong Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Nusa Bunga memfasilitasi masyarakat adatnya.

Pada tahun 2016, AMAN-NB bekerja sama dengan IESR, memfasilitasi masyarakat desa Boafeo untuk menyusun rencana kerjasama sesuai kebutuhan masyarakat dan potensi yang dimiliki. Yayasan Tananua hadir sebagai Nara sumber.

Dalam perencanaan tiga isu utama yang disepakati adalah pendidikan, ekonomi dengan fokus komoditi kopi dan kelistrikan dari sumber daya air terjun.


Kegiatan kongkrit yang dilakukan di bidang ekonomi tahun 2017 dan 2018 dimana Tananua Flores hadir sebagai fasilitator adalah pelatihan budidaya  dan P3S kopi serta pelatihan pembuatan pupuk organik bokasi.

Pada hari Senin, 24 Juni 2019 di kantor Yayasan Tananua Flores terjadi pertemuan antara AMAN- NB(Simon Welan), IESR (Hapsari) dan YTNF (Pius, Bernadus dan Hironimus) yang membicarakan keberlanjutan kerja sama AMAN-NB, IESR, serta peran YTNF untuk Boafeo. Dari review kerja sebelumnya untuk perubahan tingkat masyarakat perlu adanya pendampingan.


Untuk perubahan masyarakat Boafeo perlu kerja sama ketiga lembaga dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki masing-masing. Yayasan Tananua Flores mendukung kerjasama tersebut karena memiliki kapasitas pemberdayaan dan pendampingan serta memiliki keterampilan teknis namun tidak memiliki pendanaa. IESR memiliki kapasitas dalam melinkan sumber dana desa untuk program.(hp)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad