Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Design created with PosterMyWall

Peraturan Bersama Kepala Desa Dibahas dengan Kabag Hukum Ende

 

Dok.Tananua Flores

Ende, Tananua Flores|  Tananua dan Kabag Hukum Ende gelar Diskusi Penyelarasan Draf Peraturan bersama  kepala Desa  bagi desa-desa di wilayah kecamatan Ndori yang berkaitan dengan kerja sama pengelolaan Sumberdaya Wilayah Pesisir dan laut berbasis masyarakat.


Hadir dalam kegiatan tersebut  utusan pemerintah desa,  camat Ndori, Tim perumus, ketua LMMA Ndori, staf Tananua dan Kabag Hukum Ende.  Kegiatan itu dilaksanakan di ruangan bagian hukum daerah, kantor bupati Ende pada (6/02). 


Abubakar Longgi Kabag hukum Daerah kabupaten Ende pada kesempatan itu mengucapkan terimakasih kepada Tananua Flores yang telah membantu pemerintah daerah dalam memfasilitasi Desa untuk pembuatan peraturan bersama yang berkaitan dengan pengelolaan sumberdaya perikanan dan menjaga lingkungan di wilayah pesisir. Peraturan bersama ini sangat bermanfaat bagi masyarakat di desa untuk menjaga wilayah mereka sesuai dengan yang telah diwariskan.


“Produk hukum ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan kita semua, kita harus menaati aturan sesuai dengan keputusan yang telah kita dibuat,” Katanya


Lanjut dia “ Apa yang kita buat, kita harus patuh, Ini suatu kebanggaan buat kita masyarakat kabupaten Ende dan masyarakat Ndori”, Ujar Kabag hukum tersebut.


Menurutnya bahwa Peraturan bersama kepala desa di wilayah kecamatan Ndori tujuan akhirnya adalah peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, dan kepala Desa membuat peraturan bersama ini agar masyarakat dapat mengatur ruang hidup di laut untuk terus lestari dan berkelanjutan


Selain itu Camat Ndori,Paul Marvel Frederikus mengungkapkan peraturan bersama kepala desa telah berproses dari Tim yang ada di desa dan telah menghasilkan draft  Peraturan bersamanya, sehingga pada kesempatan ini dengan Kabag hukum untuk penyelarasan sesuai dengan rujukan peraturan perundang -undangan yang berlaku.


“Selama ini sudah berproses di Desa dan sudah beberapa kali kita berdiskusi di desa yang difasilitasi oleh Yayasan Tananua Flores  dan Yayasan Pesisir Lestari”.Ungkapnya


Camat Ndori berharap, peraturan bersama kepala desa ini bisa diundangkan dan bisa menjadi contoh untuk wilayah lain dalam merumuskan peraturan bersama berkaitan dengan pengelolaan ruang laut.


" Sebagai pemerintah kecamatan kita berharap peraturan bersama ini bisa diundangkan dan juga menjadi contoh yang baik untuk bisa dibuat bagi yang lainnya", ujar paul


Dalam diskusi untuk membahas penyelarasan produk peraturan tersebut kepala desa maubasa juga menegaskan selain mengatur ruang laut tetapi juga soal pengambilan batu pasir secara ilegal yang berdampak pada pesisir pantai Ndori mengalami abrasi yang cukup tinggi setiap tahun. Poin lain dalam pengaturan peraturan bersama kepala desa tersebut juga membahas soal pembuangan sampah dan pengawasan kelompok di lokasi penutupan sementara.


Sedikit Menggambarkan terkait dengan Alasan utama masyarakat di wilayah kecamatan ndori ingin peraturan bersama kepala desa ini harus jadi dan dapat bermanfaat bagi masyarakat di ndori. 


Pertama, Masyarakat / nelayan Ndori Mendorong pembuatan peramakades dengan landasan bahwa di wilayah kecamatan ndori khususnya daerah pesisir terdapat potensi sumber daya yang sangat tinggi yang berkaitan dengan perikanan. 

Kedua, masyarakat desa ingin  menjamin kehidupan dan pembangunan yang berkelanjutan dan terpeliharanya lingkungan hidup wilayah pesisir dan laut, yang merupakan potensi sebagai tempat penyediaan sumber daya perikanan laut, biota laut, hutan bakau dan pariwisata;


Ketiga ada ancaman pemanfaatan yang merusak lingkungan wilayah pesisir dan laut yang mengakibatkan rusaknya mata rantai kehidupan flora dan fauna di wilayah pesisir;

Keempat, mengurangi kerusakan serta menjamin pelestarian lingkungan hidup wilayah pesisir dan laut, maka setiap orang wajib menjaga dan mengawasi serta memelihara lingkungan hidup yang dijamin oleh hukum. 

Kelima,  pengelolaan wilayah pesisir dan laut perlu dikendalikan agar tercipta keseimbangan antara pemanfaatan dan perlindungan dalam mendukung pembangunan sumber daya alam berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup;


Itulah beberapa alasan mendasar, peraturan bersama kepala desa itu harus ada dan dijalankan oleh desa- desa di Ndori, seperti maubasa, maubasa timur, maubasa Barat, Sera ndori dan  Desa Mole. 


Draf Peraturan bersama kepala desa telah dibahas sampai selesai dan proses selanjutnya tinggal dirampungkan dan diundangkan. 


Oleh ; Jhuan mari 

Posting Komentar

0 Komentar