Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Design created with PosterMyWall

Bersih sampah di pantai Ndori wujud dari menjalankan Peraturan Bersama Kepala Desa

 


Ende, Tananua Flores |  Bersih sampah di pantai Ndori merupakan  inisiatif masyarakat sebagai tindak lanjut dari rencana  masyarakat pesisir pada saat dilakukan sosialisasi peraturan bersama Kepala Desa di kecamatan Ndori tentang kerjasama pemanfaatan wilayah pesisir dan laut berbasis masyarakat.

Usai Sosialiasai Peraturan bersama 5 kepala desa di kecamatan Ndori, Masyarakat ndori lakukan kegiatan hari bersih dengan membersihkan wilayah pesisir laut dan lingkungan sekitar ndori 

Berkaitan dengan Peraturan bersama kepala desa  yang tertuang dalam pasal (8)  yaitu dilarang membuang sampah di laut. Dan menyadari hal tersebut masyarakat bersama pemerintah setempat membuat rencana kerja untuk membersihkan sampah di area pantai ipi dusun 2 ipi desa Serandori yang akan dilakukan pada setiap hari jumat.


Ikut terlibat dalam kegiatan hari bersih ini adalah tokoh agama, tokoh pemuda, Pemerintah desa dan seluruh Nelayan di wilayah pesisir ndori pada (10/11)

“kita harus mendukung penuh dengan kegiatan ini, sebeb beberapa kegiatan yang didampingi Tananua telah membawa perubahan bagi nelayan kita”, Kata sulaiman Ahmad.

Tokoh agama dusun 2 ipi bapak Sulaiman Ahmad yang selama ini sangat berperan penting dalam melakukan kegiatan buka-tutup rumah gurita maupun kegiatan -kegiatan kelompok nelayan mengatakan bahwa dirinya mendukung penuh kegiatan yang selama ini Tananua dampingi di wilayah Ndori.

Selain itu, Sulaiman juga  menyampaikan yang menjadi kendala saat ini adalah sebagian masyarakat yang belum memiliki Jamban di rumah masing-masing.


Sebagai tokoh yang ada di masyarakat Sulaiman mengungkapkan bahwa sumbangsih program yang dilakukan Tananua selama ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang ada di Ndori khususnya di Dusun 2 Ipi.  

Jika kegiatan ini akan terus dilakukan kebersihan rutin setiap hari jumad maka Lingkungan pastinya kedepan akan jauh lebih baik


Kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama jadi perluh ada keterlibatan dalam melakukan kerja bersih memilih sampah agar bisa diamankan pada tempatnya. Lingkungan yang kotor akan secara perlahan menggangu Kesehatan keluarga, dan lingkungan pun tidak sehat.

Sementara itu pada saat yang sama, pemerintah desa dalam hal ini kepala dusun 2 ipi (ibu Mira) menghimbau masyarakat untuk agar tidak boleh membuang sampah apapun di pantai termasuk membuang hajat. Kepala dusun itu menegaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya dilakukan 1 hari namun kedepannya akan dilakukan pada setiap hari jumad. 


Said Ketua kelompok nelayan kegiatan jumad bersih dulu pernah kami lakukan dan akhir-akhir ini jarang,  kami belum menyadari bahwa jangan membuang sampah di pantai, kami belum tau apa dampak ketika membuang sampah di laut. Berkat dampingan dari Tananua saat ini kami dan masyarakat sudah tau, jadi harapannya kedepannya tidak ada lagi yang membuang sampah di sekitar pantai ini.

 

Ditulis oleh : Agnes Ngura, PL di Wilayah kecamatan Ndori

Posting Komentar

0 Komentar