Tananua Flores Fasilitasi Kegitan Syuting Film Dokumenter di Lingkungan Arubara. - Tananua Flores

Breaking

Home Top Ad

Design created with PosterMyWall

Post Top Ad


Jumat, 05 Februari 2021

Tananua Flores Fasilitasi Kegitan Syuting Film Dokumenter di Lingkungan Arubara.


Ende, Tananua flores. - Yayasan Tananua Flores  Fasilitasi Kegiatan Syuting  film Dokumenter terkait Gurita di lingkungan Arubara keluarahan Tetandara kecamatan Ende selatan kabupaten Ende.

Kegiatan Syuting film tersebut dilaksanakan selama 3 hari mulai dari tanggal 3-6 februari 2021.


Yang terlibat menjadi pelaku utama dalam kegiatan syuting Film tersebut adalah para Nelayan Gurita yang di wakili oleh Bapak Iksan Ahmat dan Bapak Isnaini, Bapak Lurah Tetandara,dan ibu-ibu yang melakukan pekerjaan Rumah tangga. 


Syuting Film Dokumenter terkait Gurita merupakan salah satu kegiatan untuk memberikan edukasi bagi pelaku pencarian gurita agar bisa lebih pengoptimal lagi  dalam mencari gurita dengan menggunakan cara dan metode yang lebih baik.


Selain itu Film dokumen Gurita mempunyai tujuan yang sangat baik agar bisa memberikan gambaran kepada pemerintah dan public luas untuk memahami tentang pentingnnya menjaga ekosistem laut dan pengolahan secara berkelanjutan.


Anwar Hama Lurah tetandara diselah-selah kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat baik dan perlu di dukung sepenuhnya, sebab kegiatan ini sangat memberikan nilai positif bagi para nelayan dalam meningkatkan SDM untuk menjaga dan mengelolah potensi kelautan secara berkelanjutan.


“ Kegiatan ini kami dari kelurahan sangat mendukung karena para nelayan di berikan pemahaman untuk dapat mengelola potensi perikanan gurita agar lebih baik lagi”, Ungkapnnya.


Lebih jauh ia menjelaskan bahwa Potensi perikanan Gurita  khususnya di wilayah arubara sangat menjanjikan, dan sebagai pemerintah tentu sangat mendukung jika adannya penguatan-penguatan  dalam rangka mendorong para nelayan agar bisa menjadikan  gurita sebagai salah satu sumber kebutuhan ekonomi di arubara.


“ Potensi gurita di Arubara sangat banyak dan kita sebagai pemerintah sangat mendukung sepenuhnya kepada para nelayan gurita agar penangkapan dan pengelolaan gurita menjadi salah satu sumber pendapatan Ekonomi keluarga”, Jelasnya.


Sementara itu, Iksan Ahmat dalam pernyataannnya bahwa para Nelayan gurita sangat membutukan dukungan dan bantuan pemerintah terkait beberapa permasalahan yang di nelayan gurita, agar proses penangkapan gurita bisa mendapatkan hasil yang lebih banyak.


“ kami sangat membutuhkan dukungan dan bantuan pemerintah terkait beberapa kendala yang di hadapi nelayan gurita, menyangkut alat tangkap maupun peralatan lainnya” , Ungkapnya

 

Menurutnya sampai saat ini para nelayan ikan/gurita belum mendapatkan perhatian secara khusus oleh pihak pemerintah  sehingga dengan film ini bisa memberikan gambaran kepada mereka pengambil kebijakan agar bisa menjawab keluhan nelayan.

Menjaga kelestarian lingkungan dan pengolahan ekosistem laut secara keberlanjutan menjadi sebuah tuntutan namun di sisi yang lain perlu ada kesepakatan dan kebijakan-kebijakan khusus untuk menjawab semuannya itu.  

“menjaga kelestarian lingkungan dan pengolahan ekosistem laut itu menjadi tuntutan bagi kami para nelayan namun di sisi yang lain menjadi kebutuan kami nelayan sama sekali belum di perhatikan,” Kata Iksan nelayan Gurita


Kegiatan syuting Film gurita ini akan di Rampungkan dan menjadi Dokumen yang berharga bagi masyarakat Arubara untuk generasi yang akan datang.(JF)

Baca juga : Tananua Flores Edukasi Nelayan Jaga Ekosistem Laut

 

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad