Program - Tananua Flores

Breaking

Home Top Ad


Post Top Ad





Minggu, 16 Juni 2019

Program


Program
Berkarya di Kabupaten Ende sejak tahun 1989 dan saat ini  sudah bekerja pada 73 desa pada 15 wilayah Kecamatan. Dengan pendekatan “Uma, Sao, Rega” (Kebun, Rumah dan Pasar) dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Masyarakat (PSDABM), memfasilitasi  petani melalui program:
A.      Penghidupan Berkelanjutan
q Pertanian Lahan Kering Berkelanjutan (Konservasi Tanah dan air, pengembangan tanaman pangan local, tanaman umur panjang, hutan keluarga, pupuk dan pestisida organic, konservasi mata air)
q Kesehatan Primer (obat tradisional, posyandu, makanan local untuk pengembangan gizi, kesehatan reproduksi, penyakir rakyat, air bersih, kesehatan lingkungan)
q Ekonomi Kerakyatan (Koperasi, Usaha Bersama Simpan pinjam, pemasaran bersama komoditi petani, lumbung kelompok).
q Penguatan institusi petani dan Tananua (SDM personalia, managemen organisasi, managemen keuangan, usaha swadana lembaga).
B.      Rantai Komoditi (Kakao dan Kopi)
§  Budi daya
§  Pasca Panen
§  Pemasarn
C.      Kerjasama kemitraan dan jaringan.
D.     Wilayah Kerja dan jangkauan:

Kabupaten Ende, terutama daerah hulu dan terisolasi. Dengan tekanan pendampingan pada anak-anak petani, kaum muda tani, kelompok tani, Gapoktan, kelompok usaha, Asosiasi Petani dan Koperasi Petani.

Kerja sama dalam memfasilitasi dan pendampingan program didukung oleh berbagai mitra yang memiliki misi dan visi yang bersinggungan dengan Yayasan Tananua Flores. Beberapa mitra yang pernah mendukung: World Neighbors, WFP, OXFAM, CUSO, VSO, VECO, dan yang   MISEREOR, CEPF, SAMDANA, BLUE VENTURE, dan masih ada beberapa yang mendukung kegiatan secara temporer termasuk dari Pemda Kabupaten Ende melalui BPMPD kabupaten Ende untuk program pemberdyaan. Dan terbuka kerja sama dengan mitra baru kedepan untuk pemberdayaan petani.

Dalam penguatan organisasi dan pendampingan program di lapangan Tananua Flores diperkuat dengan prasarana kantor dan managemen pelaksana program antara lain: Pendamping Lapangan, Divisi Pengembangan Masyarakat, Divisi Bisnis, Manajer Keuangan, Manajer Kantor, Manajer Program dan Direktur Eksekutif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad