Hadir Teknologi Pompa Air Tenaga Surya , Masyarakat Desa Malawaru Nikmati Air Minum Bersih - Tananua Flores

Breaking

Home Top Ad

Design created with PosterMyWall

Post Top Ad


Selasa, 16 Maret 2021

Hadir Teknologi Pompa Air Tenaga Surya , Masyarakat Desa Malawaru Nikmati Air Minum Bersih

 TananuaFlores-Ende, │Hadirnya teknologi Pompa Air Tenaga surya di wilayah Desa Malawaru, masyarakat desa Malawaru kecamatan Nangapenda kabupaten Ende bisa menikmati Air minum bersih. 


Rasa kegembiraan ini disampaikan oleh Bapak Paulus Palu warga desa malawaru ketika menikmati air minum bersih hasil dari kerja keras pemerintah desa dan lembaga mitra yang ada di desa tersebut,(16/3).


Dia mengatakan masyarakat sangat senang dan bangga karena masyarakat tidak lagi ambil air dengan jarak yang sangat jauh.


“ kami sangat senang dan bangga karena masyarakat sudah tidak lagi ambil air dengan jarak yang sangat jauh melainkan sudah sangat dekat”, tuturnya. 


Lebih jauh Paulus menyampaikan sangat berterimah kasih kepada lembaga Yayasan tananua Flores karena sudah memfasilitasi pemerintah desa dengan CV. Lorentz yang mengurus tentang teknologi terbarukan pompa air tenaga Surya. 


“ kami berterimah kasih kepada Tananua flores karena sudah memfasilitasi pemerintah kami bertemu dengan CV, Lorentz  untuk mengurus air minum bersih ini”, Ujar Paulus. 


Dengan Bahasa daerah Dia sampaikan “So too mema ngao Lae mbeo Mona latu AE ta bere nuka, nepa ke ta nuwa ana tau nee ko tenaga Surya AE ngala nuka sesuai ko jaman so maju" (Dari saya kecil, belum pernah saya lihat air mengalir naik, sampai sekarang masa anak cucu air bisa mengalir naik dengan tenaga Surya karena jaman sudah maju)


Semantara itu Gabriel Raja toko masyarakat di desa tersebut mengungkapkan rasa senang dengan adanya inovasi baru yang dibangun di desa Malawaru dan mengharapkan ada tambahan dana desa agar bisa sampai sambungan rumah.


“ Kami sebagai masyarakat sangat senang dengan inovasi ini, dan kami mengharapkan ada tambahan dana dari Desa supaya bisa sambungan Rumah”Hapannya.

 

Hadirnya Teknologi terbarukan  pompa air Tenaga Surya ini tidak serta Merta datang di desa Malawaru, tetapi ada putra terbaik desa Malawaru Pance yang berjuang bersama untuk mendapatkan teknokogi tersebut. Dengan aktif terlibat dalam membangun hubungan baik dengan Mitra kerja Desa seperti Yayasan Tananua Flores, sehingga hasilnya sudah dirasakan oleh masyarakat desa malawaru dan kemudian  Sejak tanggal 4 Februari 2021 Menjadi sejarah baru bagi desa Malawaru dengan kehadiran teknologi pompa air tenaga Sury ini.


Kepala Desa Malawaru Bapak Patrianus Tonda menjelaskan bahwa Dia sangat bangga dengan perjuangan yang dilakukan oleh Tananua dan warga Dusun Nitu Desa Malawaru. 


Sebenarnya kata kedes " saya juga gelisah karena saya sudah berjanji dengan pak Sekcam Nangapanda bahwa dana ini saya yakin bisa dikelolah, karena kalau dana ini jadi Silpa maka tahun depan pasti anggaran untuk desa saya bisa berkurang"Jelasnya


Menurutnya  Anggaran untuk pemasangan Pompa Air Tenaga Surya ini sebesar Rp.146.000.000,dengan dana yang besar ini diharapkan kepada semua masyarakat untuk sama- sama menjaga demi keberlangsungan air minum didesa Malawaru. 


Untuk di informasikan bahwa Kondisi warga yang tinggal di desa malawaru kondisinya sangat mengkwatirkan karena pemukiman ada di atas dataran tinggi sementara  sumber mata air berada di bagian bawah dan ini menjadi persoalan pokok pembangunan di wilayah tersebut.*** Arnol

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad