Memicu pertumbuhan Ekonomi Desa Kamubheka, Penguatan BUMDes Menjadi Penting - Tananua Flores

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad


Rabu, 06 Januari 2021

Memicu pertumbuhan Ekonomi Desa Kamubheka, Penguatan BUMDes Menjadi Penting

Dok. Rapat Evaluasi Desa Kamubheka

Ende, Tananuaflores.  Dalam memicu pertumbuhan ekonomi  desa Kamubheka  yang maju dan sejahterah, Pemerintah Desa Kamubheka Melakukan Evaluasi pengelolaan BUMdes  Desa Kamubheka selama 1 tahun berjalan. Pemerintah Desa memfasilitasi seluruh komponen yang ada di desa  untuk terlibat dalam mengevaluasi perjalanan Bumdes. Yang terlibat dalam Evaluasi tersebut Pengurus BUMDesa, Lembaga BPD  Dan  perwakilan Tokoh Masyarakat .

 

Kegiatan Evaluasi tersebut dilaksanakan pada Jumat (18/12) yang Silam di Kantor Desa Kamubheka kecamatan Maukaro Kabupaten Ende.

 

Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan pengelolaan BUMdes selama satu tahun  terkait dengan maju mundurnya Usaha Yang di kembangkan oleh BUMDes dan juga mendapatkan Laporan kerja dari pengurus BUMDes, Mulai dari laporan Keuangan , laporan Kinerja dan juga Melihat kembali peluang usaha lain untuk dijadikan Unit usaha baru.

 

“ Kita melakukan evaluasi ini untuk mengetahui perkembangan BUMDes, sejauh mana dalam perkembangannya dan hasil dari pengelolaan unit usaha sudah seperti apa” Ucap Kades kamubheka.

 

Lebih jauh Kepala desa kamubheka Melkior Mengga, S.Sos Menegaskan bahwa evaluasi ini akan dilakukan secara berkala utk bisa melihat ketimpangan atau masalah yang terjadi baik manajemen administrasi dan manajemen tata kelolah keuangan.

 

“ Evaluasi ini akan  kita lakukan secara berkala untuk melihat ketimpangan atau masalah yang terjadi baik manajemen  administrasi maupun tatakelola Keuangannya” Tegas kades.

 

 Lanjut Dia mengatakan “ Bumdes ini adalah lembaga bisnis dan jangan kita kaitkan dengan hal-hal social, dan apabila kita kaitkan dengan sosial maka lembaga ini tidak akan berkembang”,Katanya.

 

Sementara itu dalam Laporan Pengurus BUMDes bahwa  perjalanan dimulai dari bulan september 2019 dan dalam kurun waktu 1 tahun ini Bumdes kamubheka bisa mendapatkan predikat yang cukup baik.

Dari laporan yang di lakukan pada 18 Desember 2020 ini ada penerimaan dari jual jasa Rp.20.750.000, penerimaan ini belum dikurangi dgn biaya bongkar pasang tenda. Keuntungan bersih yang diperoleh Bumdes selama 1 tahun ini setelah penerimaan dikurangi pengeluaran Rp. 14.339.100  Angka ini termasuk masih sangat kecil dengan umur yang baru 1 tahun.

 

Blasius Mawe Ketua Bumdes menjelaskan bahwa lembaga  BUMDes   baru dibentuk pada 18 Mei 2018 dan  Pada bulan september 2019 pemerintah desa Kamubheka menyertakan modal untuk usaha jasa tenda jadi.  Selain itu pengurus telah melakukan pembenahan-pembenahan di dalam lembaga BUMDES, agar dalam mengelola unit usaha tidak terjadi tumpang tindih.

 

“kami menyadari BUMDes baru bentuk pada 18 Mei 2018 dan pada September 2019 pemerintah Desa kamubheka melakukan Penyertaan Modal, Artinya untuk saat ini kami mengelola Satu unit Usaha yaitu tenda jadi dan hasilnya seperti yang sudah di laporkan “, Jelas Blasius.

 

Blasius Menambahkan dalam waktu dekat juga pihaknya akan membuka lagi 1 unit usaha yaitu pengelolaan air minum bersih dan diharapkan agar semua Pihak bisa mendukung dengan cara masing-masing agar unit usaha yang akan dijalankan nanti bisa mendatangkan peningkatan pada ekonomi desa kita.

 

Sementara itu ketua BPD Yeremias Gedu mengharapkan Bumdes ini akan berjalan baik apabila ada dukungam dari semua pihak, administrasi dan pembukuan harus baik sehingga wadah ini akan berkembang.***

Penulis : Arnol YTNF

Editor : JF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad