Penguatan Kelompok Nelayan Gurita menjadi prioritas Tananua, dan Dinas Cabang kelautan perikanan Propinsi - Tananua Flores

Breaking

Home Top Ad

Design created with PosterMyWall

Post Top Ad


Minggu, 28 Februari 2021

Penguatan Kelompok Nelayan Gurita menjadi prioritas Tananua, dan Dinas Cabang kelautan perikanan Propinsi

Foto Dok. Tananua Flores

Tananua Flores.Id.- Ende-  Penguatan kelompok Nelayan Gurita menjadi prioritas Yayasan Tananua  Flores dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat Pesisir Khususnya masyarakat Lingkungan Arubara.

Dalam melakukan program penguatan dan Pemberdayaan kelompok, Pemerintah khususnya dinas cabang kelautan perikanan propinsi NTT dan pemerintah Kelurahan Tetandara Kabupaten Ende memberikan dukungan secara penuh agar program tersebut mempunyai manfaat positif bagi masyarakat nelayan khususnya di wilayah arubara.


Hal ini di ungkapkan oleh direktur Yayasan Tananua Flores Bernadus Sambut dalam Kegiatan Tatap muka Penguatan Kelompok Nelayan Gurita di Kelurahan Tetandara lingkungan Arubara pada Jumad 26/02/2021.


Direktur Yayasan Tananua itu menyampaikan bahwa sudah saatnya Nelayan gurita harus mulai bekerja dengan berkelompok agar dengan kelompok itu Para nelayan bisa mulai mengembang inovasi-inovasi  yang dapat menumbuh ekonomi keluarga secara bersama.


 " Sudah saatnya Nelayan gurita harus mulai bekerja bersama kelompok agar bisa mengembangkan inovasi-inovasi  yang dapat menumbuhkan ekonomi keluarga secara bersama", Sembari direktur.


Selain itu direktur mengatakan bahwa dengan berkelompok juga bisa melindungi ekosistem laut, mulai dari trumbu karang dan juga beberapa potensi yang ada di laut.


Menurutnya bahwa Menjaga laut dan trumbu karang sama seperti nelayan menjaga kebunya  yang ada di laut, sehingga keberlanjutan dalam melestarikan  menjadi sebuah kebutuhan yang penting bagi nelayan untuk melestarikannya.


Bernadus mengharapkan bahwa dengan adanya pendampingan dari Yayasan Tananua, Nelayan Gurita bisa mendapatkan manfaat dan perubahan bagi kehidupan masyarakat di wilayah Arubara.


Dalam memberikan penguatan kelompok Nelayan di lingkungan Arubara,Dinas kelautan dan perikanan propinsi NTT mendukung secara penuh agar nelayan bisa bekerja sama secara kelompok dalam mengelolah potensi yang ada di laut.


Siprianus  Seru dari Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi NTT menerangkan ada 4 Kriteria dalam menilai kelompok masyarakat yang di bentuk. Kriteria itu di lihat untuk mengukur seberapa jauh masyarakat menyerap pengetahuan yang di berikan. Dan kriteria kelompok itu mulai dari kelompok pemula yang disebut dengan (KUB) sampai dengan Kelompok Mandiri yang artinya kelompok itu sudah benar –benar maju.


“Kami tentu mempunyai 4  kriteria dalam menilai kelompok yang di damping yaitu mulai dari kelompok pemula hingga kelompok yang mandiri”,Terangnya


Seru  mengatakan kedepannya dari DKP akan berkolabosasi besama Yayasan Tananua Flores untuk mendukung dan mendampingi kelompok gurita yang di bentuk hari ini.


“kedepannya kami akan bekerja sama dengan Yayasan Tananua Flores untuk sama-sama berkolabosari untuk mendampingi kelompok nelayan gurita yang telah terbentuk ini”,Katannya.


Dalam tatap muka penguatan Kelompok Gurita ini yang terlibat adalah anggota kelompok mulai dari ibu-ibu anak mudah, pemerintah kelurahan, utusan dari DKP dan juga dari Tananua Flores.

Pertemuan tersebut di mulai pukul 09.00 -11.30 Wita di halaman rumah ketua RT 04 bapak Fudin.(JF)*

 

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad