Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Design created with PosterMyWall

30 orang Ibu-ibu di Lingkungan Arubara kembangkan pekarangan Rumah



Ende - Tananua Flores ǀ Di tengah pandemi Covid 19 yang belum usai saat ini menimbulkan ancaman krisis pangan dan Krisis Ekonomi, Yayasan Tananua Flores mendorong upaya pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi rumah tangga melalui optimalisasi  pemanfaatan lahan pekarangan Rumah .

Sebanyak 30 orang Ibu-ibu nelayan di lingkungan Arubara Kelurahan  Tetandara Kabupaten Ende kembangkan Pekarangan Rumah dengan menanam sayur agar kebutuhan sayur untuk keluarga bisa terpenuhi.

Adrianus Dosa Pendamping Lapangan Tananua Flores mengatakan, Yayasan Tananua Flores  akan terus mendampingi Ibu-ibu di Lingkungan arubara untuk terus memanfaatkan Pekarangan Rumah agar menghasilkan sumber pangan khusus sayuran untuk memenuhi  kebutuhan keluarga. 

Dirinnya mengharapkan dengan mengembangkan Pekarangan Rumah ini ibu-ibu di lingkungan arubara diharapkan mampu  memenuhi kebutuhan sayur untuk keluarga. Langkah ini mendukung  peningkatan kehidupan ekonomi keluarga Nelayan di tengah pandemi covid-19.

“ Tentu saya mengharapkan ibu-ibu di sini memanfaatkan pekarangan rumah agar sayur untuk keluarga bisa terpenuhi,”ungkap adrianus, kamis (22/4)

Lebih lanjut Ia menjelaskan “ bukan tidak ke pasar untuk membeli sayur namun dengan adanya sayur di sekitar Rumah tentu jatah untuk beli sayur dengan sendirinnya bisa digunakan untuk kebutuhan yang lain”jelasnnya.

Sementara itu Nursiah Abubekar salah satu ibu yang mengembangkan pekarangan rumah Mengatakan dirinnya sangat senang dengan aktivitas menanam sayur di Pekarangan Rumah, sebab sejak awal maret memanfaatkan pekarangan rumah saat ini sudah di rasahkan manfaatnnya dan sayur di pekarangan rumah masing-masing sudah di panen.

“kami ibu-ibu sangat senang karena sayur kami sudah bisa di panen, sejak awal maret kami tanam di pekarangan rumah kami masing –masing sekarang sudah rasakan manfaatnnya”, kata Nursiah

Lebih Jauh Ketua Kelompok Gurita di Arubara Fudin Ali menambahkan melalui kegiatan Pekarangan Rumah tidak hanya memenuhi kebutuhan sayur di tingkat rumah tangga, namun dapat juga mengurangi pengeluaran bahkan  meningkatkan pendapatan rumah tangga jika dikelola secara maksimal.

Sampai dengan saat ini 30 orang ibu-ibu yang tergabung pada kelompok nelayan Gurita telah terlibat dalam kegiatan mengembangkan pekarangan rumah.

Kedepannya Dia berharap setiap rumah tangga mampu memanfaatkan lahan pekarangan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan untuk meningkatkan ketersediaan sumber sayur dan bisa meningkat Pendapatan di usaha yang lain.

“kegiatan Ini sangat bagus tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan sayur dan gizi keluarga, tetapi juga bisa mengurangi pengeluaran rumah tangga, terlebih pada kondisi pandemi saat ini,” ujar Fudin.

Lebih lanjut Fudin mengatakan, dalam kondisi seperti sekarang ini, pemanfaatan lahan pekarangan benar- benar dirasakan manfaatnya. Menurutnya kegiatan mengembang pekarangan Rumah bisa menjadi Program  pemerintah  agar mendorong ibu-ibu di lingkungan Arubara  bisa mengembangkan.

Yayasan Tananua telah memulai memotifasi dan mendampingi kelompok nelayan di lingkungan Arubara semoga kedepannya program memanfaatkan pekarangan Rumah bisa bersanding dengan pemerintah untuk kemajuan masyarakat di wilayah Arubara.*** YTNF


Posting Komentar

0 Komentar