Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Design created with PosterMyWall

Cerita Inspirasi dari Kelompok Tani Mbei Mbani



Ende. Tananua Flores. ç Mbei Mbani adalah sebuah kelompok Tani  yang berada di desa Kamubheka Kecamatan Maukaro kabupaten Ende. Kelompok yang di beri nama Mbei Mbani Ini didirikan pada tahun 2016 bersama dengan  perintis awal pendamping Yayasan Tananua Flores.  

Terbentuknya kelompok  Tani ini berdasarkan kepedulian masyarakat untuk bisa saling tolong menolong dalam meringankan beban kerja baik di kebun, maupun di komunitas keseharian mereka. Kelompok ini berjumlah 12 orang dimana yang menjadi daftar anggota kelompok hanya nama kepala keluarga. Dalam praktek kelompoknya kadang yang terlibat istri atau  anak atau bisa diwakili orang yang tinggal dalam satu rumah tersebut.

Perjalanan kelompok ini juga tidak selalu mulus, kadang ada  kendala yang dihadapi karena setiap anggota memiliki pemikiran dan dan pendapat yang berbeda. Tapi dengan perbedaan ini yang membuat kelompok Mbei Mbani semakin kuat dalam beraktivitas.

Aktivitas yang dilakukan yaitu lebih fokus di kebun misalnya buka kebun baru, bersihkan kebun untuk tahun kedua dan ketiga, bersih kebun jambu, tanam padi, panen padi dan membantu orang lain diluar kelompok dengan imbalan membayar untuk bisa masuk ke kas kelompok.

Sejak awal kelompok ini sudah bersepakat untuk memenuhi kebutuhan kelompok harus ada kas kelompok dengan iuran pokok dan iuran wajib. Iuran pokok disepakati 50.000/ tahun dan iuran wajib dibayar dengan sistem saat pertemuan bulanan secara bergilir dari rumah kerumah anggota dan anggota yang rumahnya menjadi tempat pertemuan yang menanggung semua biaya Snack. Sejak tahun 2018 kelompok ini sudah berpikir untuk membuat lumbung pangan kelompok yang nantinya akan menyimpan padi atau gabah.

Pada saat pertemuan bulanan kelompok di tahun 2018  saat itu hadir juga Manager program Tananua Flores Bapak Bernadus Sambut dan beliau sangat mengapresiasi keaktifan kelompok ini. Banyak usulan dan masuk dari anggota untuk pendamping Tananua yang sifatnya membangun.

Pada saat itu juga muncul ide untuk penyetoran wajib anggota selain uang juga berupa padi atau gabah per anggota 50 kg/ tahun. Dan pada tahun 2019 rencana ini terwujud. Mulai tahun 2019 modal awal kelompok ini dari padi/gabah 600 kg dari 12 anggota. Tahun 2019 dari 600 kg ini dipnjamkan lagi ke anggota untuk benih yang akan ditanam musim 2019/2020 dengan bunga 25 kg dan ada 11 Anggota yang pinjam, Sehingga total pendapatan ditahun 2020 sebesar 875 kg.

Pada musim tanam Tahun 2020/2021 ada yang pinjam lagi, selain anggota kelompok juga dari luar anggota ada 8 orang. Jumlah pinjaman bervariasi dengan bunga pengembalian yang tetap sama 25 kg. Sehingga pendapatan yang diperoleh ditahun 2021 sebanyak 1.350 kg.

Tujuan dari lumbung pangan ini juga adalah untuk memenuhi kebutuhan di masa paceklik yaitu bulan Januari sampai dengan Maret dimana dimasa ini anggota kesulitan mendapatkan beras sehingga saat itulah pengurus mulai melakukan penggilingan padi dan dijual ke Anggota kelompok.

Lumbung pangan ini terletak di tengah kampung Tanaghiu. Selain lumbung pangan yang di bisa dilihat, ada stok pangan yang selalu ada untuk memenuhi kebutuhan masyarakat umumnya yaitu ubi jalar, ubi kayu, labu besi, pisang, dan juga ubi gadung yang stoknya selalu ada yang dapat diambil kapan saja. Hanya untuk ubi gadung ini proses pengolahannya harus lebih ekstra sebelum bisa di makan atau di konsumsi. Ketua kelompok Mbei Mbani Rikardus Roja menyampaikan  bahwa sebagai pengurus kelompok merasa berterima kasih kepada pendamping Tananua Flores yang selalu memberikan motivasi sehingga sampai saat ini kelompok Mbei Mbani semakin kuat.

“ kami juga berterimah kasih kepada yayasan Tananua yang selalu mendampingi kami sehingga kelompok kami semakin kuat dan terus berkembang dalam membangun perekonomian kami” Ujar Rikar

Selain itu Rikar Berterima kasih juga kami sampaikan kepada pemerintah Desa Kamubheka yang selalu mendukung kelompok kami sehingga kelompok ini bisa diakui di tingkat Desa Kamubheka Kecamatan Maukaro Kabupaten Ende. ( Arnol )

 

Posting Komentar

0 Komentar