Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Design created with PosterMyWall

Tananua Flores Gelar Konferensi Pers Terkait Program Perikanan dan Kelautan

Ende, Tananua Flores – Yayasan Tananua Flores Gelar Konferensi Pers Terkait dengan Program Perikanan dan Kelautan. Dalam konferensi Pers tersebut  Tananua meminta dukungan semua pihak agar Program pendampingan di Nelayan  bisa di jalankan dengan baik.

Sementara itu Turut terlibat dalam Kegiatan Konferensi Pers yaitu mitra-mitra tananua seperti Yayasan Pesisir Lestari, Dinas  Cabang Perikanan dan Kelautan Propinsi NTT, Bappeda Ende, Pemerintah Kecamatan dan juga Pemerintah Keluarahan. 

Selain itu, Media-media yang di undang untuk peliputan kegiatan Konferensi Pers terdiri dari Media Cetak, media Elektronik dan Media Online.

Penyelenggaraan Konferensi Per itu di gelar di kantor Yayasan Tananua Flores pada jumat 20 agustus 2021.

Direktur Yayasan Tananua Flores Bernadus Sambut dalam pernyataannya bahwa di selenggarakan Konferensi Pers ini adalah salah satu cara untuk mensosialisasikan Program Perikanan dan kelautan yang di jalankan oleh Tananua Itu Sendiri kepada public luas.

Menurutnya bahwa Program yang di luncurkan oleh Yayasan tananua Flores dan Yayasan Pesisir lestari ( YPL) harus bisa berkolaborasi dengan Pemerintah kabupaten atau pemerintah propinsi. Tujuannya adalah Nelayan yang saat ini bergerak dalam penangkapan Gurita  secara ekonominya bisa meningkat.  Disisi yang lain Nelayan juga bisa menjaga ekosistem laut sebagai upaya keberlanjutan dalam pengelolaan Perikanan Tangkap yang salah satunnya Gurita.

“ Tananua Flores dan Yayasan Pesisir lestari Luncurkan Program Perikanan dan Kelautan pintu masuk utamanya adalah Gurita, sehingga dalam proses pengelolaan bisa menjadi  dorongan bagi masyarakat  itu sendiri untuk melakukan konservasi lokasi yang menjadi tempat penangkapan Gurita,” Katannya.

Bernanus menjelaskan bahwa Program ini lahir karena melihat terjadinya degradasinya sumber daya pesisir dan laut disebabkan oleh perilaku manusia karena terbatasnya pengetahuan akan pentingnya ekosistem laut bagi penghidupan yang berkelanjutan dan keterampilan dalam mengelola sumber daya yang ada secara berkelanjutan.

Lebih jauh kata bernadus, Program Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan ini adalah program baru bagi Yayasan Tananua Flores, tetapi dengan bimbingan teknis dari Yayasan Pesisir Lestari dalam kemitraan dengan Blue Ventures, ada beberapa tahapan kegiatan yang dilakukan bersama dengan masyarakat nelayan dan salah satu kegiatannya adalah pendataan perikanan gurita.

”Kami memulai program dengan pendataan perikanan gurita berbasis masyarakat dimana masyarakat adalah pelaku utama pendataan”, Katannya.

Sementara itu Iksan Ahmat Ketua kelompok LMMA mengungkapkan bahwa saat ini di masyarakat nelayan yang menangkap gurita sudah mulai ada perubahan, mulai dari proses penangkapan maupun pada melakukan penjagaan lokasi yang menjadi rumahnnya Gurita.

“ Saat ini kami sebagai masyarakat Nelayan yang kesehariannya mencari Gurita sudah mengalami peruahan, lewat Pendampingan yang serius di lakukan oleh Tananua Flores nelayan yang mencari gurita sudah bisa menangkap dengan menggunakan alat tangkap yang rama lingkungan”, ungkapnya

Lebih jauh iksan mengatakan bahwa awal-awal tananua masuk di arubara kelompok nelayan sama sekali cuek dengan apa yang dilakukan Tananua namun seiring dengan waktu para nelayan yang menangkap gurita mulai menerima Tananua untuk mendampingi Nelayan Gurita.

Terkait dengan Penutupan sementara lokasi penangkapan Gurita Iksan menjelaskan bahwa dengan melakukan penutupan sementara di harapkan bisa meningkat pendapatan para nelayan dengan ukuran gurita yang bisa dilayani sesuai kebutuhan pasar.

Sementara itu dari Bappeda memberikan pernyataan bahwa Pemerintah sangat mendukung terkait dengan program yang di luncurkan oleh Yayasan tananua dan YPL. Pemerintah sangat setuju Jika Program yang di jalankan saat ini bisa bersinergis dengan program pemerintah kedepannya.

Tentu, dari para nelayan tetap menjalankan sesuai dengan aturan yang berlaku dengan mulai mematuhi kebijakan-kebijakan yang di buat pemerintah ataupun kesepakatan yang di bangun secara bersama.

 Oleh : JF

Posting Komentar

0 Komentar