Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Design created with PosterMyWall

Tananua Flores dan Pemerintah Desa Bersepakat agar Program bisa Bersinergis

 

Ende, Tananua Flores | Tananua Flores dan Pemerintah desa, BPD, SKPD  serta Pemerintah kecamatan bersepakat untuk Program Tananua bisa  bersinergis dengan Program desa.  Kegiatan tersebut dilaksanakan  di Aula  Bina Kerahiman Ilahi, Jalan Wirajaya Ende ,pada kamis 10/02/2021

Kesepakatan yang dihasilkan dalam Lokakarya tersebut tertuang dalam berita acara Kesepakatan yang akan menjadi komitmen bersama untuk di tindak lanjut dalam berbagai kegiatan perencanaan di desa. Melalui kesepakatan itu maka tananua dan Pemerintah desa tidak lagi menjadi ragu-ragu dalam merencanakan program kerja bersama.

Tujuan dari sinergisitas antar program ini adalah untuk membangun pemahaman bersama akan pentingnya bersinergis yang kemudian dalam perencanaan Program di desa tidak lagi terjadi tumpang tindih program.

Bernadus sambut Direktur Tananua mangatakan di akhir kegiatan menegaskan bahwa kedepannya Tananua Flores akan turun ke desa-desa dampingan untuk membangun kesepakan MOU agar Tananua bisa terlibat penuh dalam Perencanaan Desa seperti MUSDES, MusrembangDesa ataupun bisa membantu dalam Proses penyusunan RPJMDes.

“ Sekali lagi saya mengatakan kedepannya kami Tananua akan turun ke desa-desa dampingan ataupun desa baru agar bersama pemerintah desa menyusun perencanaan ataupun terlibat dalam MUSDES, MUSREMBANGDES  dan juga menyusun RPJMdes jika diperluhkan”, katanya.

Lanjut Dia “ kedepannya Tananua juga akan berkoordinasi dan komunikasi secara rutin dengan pemerintah desa ketika dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang ada di desa”,ungkapnnya.

Sementara itu Camat Keo tengah Hildegardis M. Kasi, SIP.,MPA mengungkapkan akan mendukung secara penuh program tananua ketika melakukan kerja pendampingan di desa-desa  yang ada pada wilayah kabupaten Nagekeo.

Tokoh Perempuan itu memberikan ucapan selamat datang  kepada Yayasan Tananua di kabupaten Nagekeo dengan program Kelautan dan perikanan, harapannya  kedepan akan terus bersama-sama dalam mengimplementasi program Tananua di wilayah kabupaten Nagekeo.

“ selamat datang Tananua flores di wilayah kabupaten Nagekeo khususnya di desa Kotodirumali dan pedonura, kami berharap kedepan kita akan terus bersama memberikan sentuhan pendampingan kepada masyarakat desa yang ada di kabupaten nagekeo’, Ucapnya.

 Program penghidupan berkelanjutan ini mendorong masyarakat untuk  terus bekerja sama, kembali membangunkan kembali budaya gotong-royong sesuai dengan apa yang sudah di wariskan oleh nenek moyang terdahulu. Untuk itu, ketika Yayasan Tananua dengan model Pendekatan PLDnya semoga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat agar bisa mandiri dan tidak menjadi ketergantungan kepada pihak manapun.

Tujuannya hanya pada kehidupan masyarakat  petani dan nelayan agar  lebih baik, Perokonomiannya meningkat, Kesehatan terjaga serta lingkungan tetap lestari.

Selain itu Yayasan Tananua Flores kedepannya akan membangun kerja sama kemitraan dengan pemerintah nageko dengan isu program adalah Penghidupan berkelanjutan. Program tersebut juga akan menjadi sebuah misi bersama Antara pemerintah kabupaten Nagekeo dan Tananua.

Di akhir Kegiatan Lokakarya Sinergisitas program ada beberapa kesepakatan yang menjadi komitmen bersama yang tertuang dalam berita acara dan poin-poinnya Antara lain :

  1. Siap mendukung, bekerja sama dan bersinergi secara sistemik dengan Yayasan Tananua Flores dalam berbagai program pemberdayaan masyarakat yang selaras dengan program-program pembangunan Desa.
  2. Bersedia mengalokasikan dana untuk program sesuai kebutuhan petani dan nelayan.
  3. Ikut bertanggungjawab atas program-program yang difasilitasi oleh Yayasan Tananua Flores maupun lembaga mitra lainnya untuk kemajuan masyarakat dan Desa
  4. Siap berkolaborasi dan berbagi peran bersama Yayasan Tananua Flores dalam program-program pemberdayaan petani, nelayan, kaum muda dan perempuan. 
  5. Bersedia mengembangkan koordinasi dan komunikasi yang efektif serta efisien dengan Yayasan Tananua Flores dan mitra lain demi kemajuan pembangunan Desa
Oleh : Clarisa

Posting Komentar

0 Komentar