Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Design created with PosterMyWall

Tananua Dorong Bentuk Kelompok Kerja Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan perikanan di Desa Persiapan Maurongga

Ende, Tananua Flores | Yayasan Tananua Flores bersama masyarakat Maurongga Bentuk kelompok Kerja pengelolaan Sumber daya kelautan dan perikanan di desa persiapan Maurongga. 

Pembentukan kelompok Pengelolaan sumber Daya kelautan dan perikanan itu di awali dengan analisis stakeholder untuk mengetahui peran dan fungsi dari masing-masing unsur sebagai bagian dalam mendukung keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya kelautan. 

Kegiatan itu dilaksanakan di Desa persiapan Maurongga pada Kamis(16/9) dengan di hadiri utusan peserta dari pemerintah kabupaten, pemerintah kecamatan, tokoh masyarakat, tokoh agama, kaum mudah dan kelompok perempuan. 

Direktur Yayasan Tananua Flores Bernadus Sambut dalam sambutannya Menyampaikan bahwa Tananua dalam program kelautan dan perikanan saat ini mendampingi 4 desa yang 3 di wilayah kabupaten Ende sedang 1 desa di wilayah kabupaten nagekeo. 

Menurutnya bahwa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di desa tidak hanya satu lembaga saja yang terlibat melainkan banyak lembaga, maksudnnya jika banyak lembaga yang terlibat didalamnya tentu pencapaian terkait dengan meningkatkan ekonomi masyarakat dan menjaga ekosistem laut dapat terwujud. 

Bernadus juga Mengatakan Visi Tananua Flores adalah Lingkungan Lestari masyarakat Sejahterah, antara kedua ini saling keterkaitan sebab jika hanya di perhatikan kesejahteraan masyarakat tanpa memperhatikan lingkungan lestari  itu sangat mustahil. 

“Jika kita hanya memperhatikan kesejahteraan tanpa memperhatikan kelestarian lingkungan bagi saya sangat mustahil,  dan sebaliknnya jika hanya memperhatikan kelestarian lingkungan tanpa memperhatikan kesejahteraan  tentu juga tidak oleh karena itu keduannya saling berhubungan untuk di perhatikan”,katannya. 

Selain itu, berbicara terkait dengan  meningkatkan ekonomi masyarakat tentu berbagai macam aspek tidak hanya satu aspek, dan untuk di maurongga salah satunnya adalah Gurita sementara itu masih ada aspek lain seperti dengan memanfaatkan pekerangan Rumah ataupun di pertanian. 

Sementara itu Blasius Rea, dari pemerintah kecamatan nangapanda mengucapkan terimah kasih kepada Yayasan tananua Flores yang sekarang ini sedang mendampingi dan membantu masyarakat di maurongga. 

“saya mengucapkan banyak terimah kasih atas keterlibatan tananua di wilayah kecamatan nangapenda, dan saya juga memberikan apresiasi karena di desa persiapan maurongga tananua sudah mulai dengan kegiatan-kegiatan yang membantu masyarakat Maurongga menuju desa defenitif”,tambah dia

Lanjut dia “ Saya ucapakan terimah kasih kepada masyarakat Maurongga karena  sudah menyiapkan berbagai persiapan sehingga tim dari kabupaten sudah dating untuk memerikasi kesiapan di desa persiapan ini”,Ujarnnya. 

Blasius menjelaskan bahwa untuk pemerintah secara kabupaten sampai saat ini belum terpikirkan untuk konsentrasi pengelolaan sumber daya alam di laut yang focus pada Gurita. Dan jika dilihat dari data yang di paparkan oleh enumerator dan Tananua sebenarnya Setiap desa di wilayah pesisi mempunyai potensi yang luar biasa. 

“ Dengan kita menjaga sumber daya kelautan untuk tetap lestari tentu dengan sendirinnya sumber perekonomian kita tidak akan hilang dan dalam pengelolaannya akan berdampak pada peningkatan ekonomi kita nelayan”, Jelas blas.

Sebagai pemerintah kita tetap berharap dengan program ini, desa maurongga akan segera di Defenitif dan program-program yang dijalankan di Maurongga akan membantu masyarakat bisa lebih baik. Dan harapannya dengan kegiatan hari ini kita akan berkolaborasi  untuk membantu kelompok pengelola sumber daya kelautan dan perikanan bisa berjalan dengan baik. ( JFM ) 
 



Posting Komentar

0 Komentar