Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Design created with PosterMyWall

Tananua Flores Gelar Pelatihan Peran Kader posyandu Ndori sebagai Garda terdepan dalam mengatasi Masalah Kesehatan Masyarakat.

Ende.Tananua Flores | Kerja Sama antara Pemerintah Desa Maubasa, Yayasan Tananua dan Puskesmas Ndori gelar kegiatan pelatihan Penguatan Kapasitas Kader Posyandu untuk peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat yang lebih baik. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Desa Maubasa Kecamatan Ndori Kabupaten Ende pada Kamis, 29 September 2022.
 
Kegiatan yang dihadiri oleh Kader-Kader Kesehatan dari 3 desa di kecamatan Ndori yakni Desa Maubasa, Desa Maubasa Timur dan Desa Maubasa barat berjalan sesuai agenda yang direncanakan. 

Kepala Desa Maubasa Azhar Banda pada kesempatan itu mengatakan bahwa Untuk Memperkuat Peran Kader  posyandu sebagai Garda terdepan dalam mengatasi Masalah Kesehatan dan menjaga derajat Kesehatan Masyarakat, itu merupakan tujuan utama dalam kegiatan latihan penguatan kapasitas kader. Dengan demikian penting partisipasi secara penuh semua peserta yang hadir pada kesempatan ini.

 "Kegiatan ini sangat penting bagi kader karena kesempatan seperti ini jarang kita dapat, maka kesempatan ini para kader harus mengikuti secara baik karena ini gratis untuk kita", kata kades Maubasa

kepala desa berharap kegiatan bisa berlanjut dan seluruh kader kesehatan yang telah mengikuti kegiatan itu menjadi tau apa yang harus kedepannya.

Katanya, kita bisa ikut proses ini secara baik dan jika yang belum tau harus kita tanya.
Heribertus Se Manager Tananua Flores mengungkapkan Kegiatan ini merupakan proses pemberdayaan dan peningkatan pengetahuan dan kemampuan kader supaya bisa membantu desa untuk bermain peran dalam membangun desa khususnya dibidang kesehatan. 

Menurut Heri Kader merupakan pahlawan kesehatan karena dengan suka dan kerelaan mereka mau mendedikasikan waktu tenaga pengetahuan dan keterampilan untuk sesama mereka untuk tidak sakit dan menjaga generasi sehat dan cerdas.
 
Sementara itu Kepala Puskesmas  Ndori Amir H. Wora dalam sambutanya menuturkan bahwa kegiatan yang di gelar ini ini ada bagian dari proses mengingatkan kembali pengetahuan kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat 
" Kegiatan ini baik sekali untuk kita merefres kembali pengetahuan kader yang sudah perna dilatih dan bagi kader baru  menjadi kesempatan yang baik untuk mendapatkan informasi pengetahuan dan keterampilan sebagai kader kesehatan" tuturnya.

Lanjut dia bahwa  Ini kerja sama yang baik kami bersama Tananua Flores untuk menyelesaikan masalah kesehatan di masyarakat dan menjaga dan mempertahankan derajat kesehatan masyarakat kita dan semoga bermanfaat memberi tambahan semangat serta pengetahuan kita sebagai kader untuk mendukung pembangunan manusia dibidang kesehatan.

Rekomendasi dari kegiatan itu sebagai bagian dari tindak lanjut sebagai berikut,
Pertama, Desa Maubasa Timur akan Melakukan latihan Pengisian KMS, Latihan Pengolahan Pangan Lokal Bergizi dan Latihan Penyuluhan bagi Kader.
Kedua, Desa Maubasa Barat Akan Melakukan Latihan Pengisian KMS dan Latihan Pengolahan Pangan Lokal
Ketiga, Desa Maubasa akan Melakukan Latihan Pengisian KMS, Latihan Pengolahan Makanan lokal bergizi, Latihan Seni Penyuluhan bagi Kader dan Pengembangan Pos Obat dan Dapur hidup Kelompok Perempuan. 
Ke empat, bagi Kader KPM dan KB akan bersama Pemerintah Desa, Staf Puskesmas serta Tananua Flores melakukan kunjungan Rumah dan Dusun untuk melakukan Sosialisasi bagi PUS dan WUS di desa Maubasa. *

Penulis : Hery


Posting Komentar

0 Komentar