Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Design created with PosterMyWall

Petani Muda menjadi Perlopor Pertanian Konservasi

Bertani Dengan Bijak Agar Mewariskan Tanah Subur Pada Generasi Berikutnya

Ende,Tananua Flores |Saya Noberta Daflorensia Tua (Ayu) 26 tahun, saya adalah gadis desa yang tinggal di Dusun Kekambero. Pada Awalnya saya pernah bekerja di dinas Sosial Kabupaten Ende Sebagai Honorer dan relawan TAGANA.

Pada tahun 2023 pemerintah kabupaten Ende memberhentikan semua tenaga honorer yang bekerja di instansi pemerintah kabupaten Ende. Saya Kembali ke kampung dan berani mengalikan profesi sebagai petani. Pada waktu malam hari saya di ceritakan oleh orang tua saya mengenai kegiatan bersama Yayasan Tananua Flores yang bekerja sama dengan WN. 

Ketika orang tua saya menceritakan mengenai teknik teknik pertanian seperti olah lubang, olah jalur, irigasi tetes, penggunaan pupuk organik sempai dengan cara melakukan pengamatan hama tanaman, saya sangat tertarik serta ingin mencoba dan saya diberi tantangan oleh orang tua saya. Tunjukan bahwa yang sukses itu bukan hanya yang berdasi, petani juga bisa. 

Setelah mendengar tantangan tersebut saya bergabung dengan program Incident pada bulan Maret tahun 2023. 
Pada pertengahan tahun 2023 saya sudah mengikuti kegiatan dengan Yayasan Tananua Flores dan saya mulai melakukan praktik teknik pertanian cerdas iklim. 

Saya awalnya sangat ragu akan kegagalan yang mungkin terjadi, yah mau tidak mau saya harus kerja dan mencoba soal gagal hal biasa, bangkit dan berjuang hal yang sangat luar biasa. Orang tua saya membantu saya untuk menggambar kebun impian yang akan kami olah. Kami memberanikan diri bekerja di lahan yang sangat kritis di mana banyak tanaman tidak tumbuh apabila ditanam di lahan tersebut. 

Setelah memilih lahan saya bersama orang tua bersepakat menaruh target 1.000 Lubang dan 500 Jalur. Saat ini kami sudah mulai mengerjakan dan target baru bisa tercapai 300 Lubang dan 50 jalur. Praktik olah lubang dan olah jalur kami melakukan dengan cara penggalian manual dan mesin bor yang di pinjamkan oleh Tananua Flores. 

Kami belum bisa mencapai target yang disepakati karena fisik saya dan orang tua saya kurang stabil. Semua lubang dan jalur tersebut telah kami isi dengan pupuk organik, kotoran sapi, daun hijau, kulit Kakao dan batang pisang dan kemudian ditutup kembalai dengan tanah. 

Setelah satu bulan kami mulai menanam pada lubang dan jalur yang telah disediakan. Pada kebun tersebut pendamping lapangan YTNF memberikan kami edukasi kembali bawasanya pangan yang ada desa kami seperti padi, jagung serta sayur hijau sudah cukup lengkap memenuhi nutrisi keluarga namun kami juga perlu nutrisi protein yang kami peroleh dari potensi yang yang di di desa kami lalu saya bertanya kira kira apa yang bisa kami lakukan. 
Saran dari YTN kami sebaiknya membuat kolam ikan serta tempat penampungan air peyiraman. Saran ini sudah kami sepakati dan akan dikerjakan pada bulan Maret 2024. 

Setelah kami menerap polah pertanian cerdas iklim, kami merasa bahwa pola ini yang sangat cocok untuk daerah kami dengan kondisi tanah kritis, kurang air, panas panjang yang sering terjadi dan melanda masyarakat kami saat ini. 

Dari hasil Holtikultura olah lubang dan olah jalur sangat membantu keluraga saya dari persoalan ekonomi. Perhari ini kami sudah mendapat Rp. 3.000.000 dari hasil penjualan peria dan Rp.1.000.000 dari hasil penjualan terong. Semua hasil sayuran tersebut kami jual di masyrakat dusun Kekambero sehingga. Demplot sayur organikk ini juga membantu masyarakat untuk tidak membeli sayur dari pasar yang mengandung bahan kimia. 
Kami juga tidak susah untuk mendapat sayur sehat dan ekonomi kami sudah meningkat di mana sebelumnya ekonomi keluarga kami sangat memprihatikan ketika musim panas panjang tiba karena semua komuditi tidak berbuah. 

Kami ucapkan terima kasih banyak kepada Yayasan Tananua Flores yang bekerja sama dengan World Neighbord yang sudah mebantu kami di dusun Kekambero desa Ja Mokeasa, Kecamatan Ende, Kabupaten Ende. Untuk kegiatan Incident ini kami didamping langsung oleh PL Yayasan Tananua Flores
 Marselinus Jago.

Posting Komentar

0 Komentar