Program
Berkarya di Kabupaten Ende sejak tahun
1989 dan saat ini sudah bekerja pada 73
desa pada 15 wilayah Kecamatan. Dengan pendekatan “Uma, Sao, Rega” (Kebun,
Rumah dan Pasar) dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Masyarakat (PSDABM), memfasilitasi petani melalui program:
A.
Penghidupan Berkelanjutan
q
Pertanian Lahan Kering Berkelanjutan (Konservasi Tanah
dan air, pengembangan tanaman pangan local, tanaman umur panjang, hutan
keluarga, pupuk dan pestisida organic, konservasi mata air)
q
Kesehatan Primer (obat tradisional, posyandu, makanan
local untuk pengembangan gizi, kesehatan reproduksi, penyakir rakyat, air bersih,
kesehatan lingkungan)
q
Ekonomi Kerakyatan (Koperasi, Usaha Bersama Simpan pinjam, pemasaran
bersama komoditi petani, lumbung kelompok).
q
Penguatan institusi petani dan Tananua (SDM personalia, managemen
organisasi, managemen keuangan, usaha swadana lembaga).
B.
Rantai Komoditi (Kakao dan Kopi)
§
Budi daya
§
Pasca Panen
§
Pemasarn
C.
Kerjasama kemitraan dan jaringan.
D.
Wilayah Kerja dan jangkauan:
Kabupaten Ende, terutama daerah hulu
dan terisolasi. Dengan tekanan
pendampingan pada anak-anak
petani, kaum muda tani, kelompok tani, Gapoktan, kelompok usaha, Asosiasi Petani dan Koperasi Petani.
Kerja sama dalam memfasilitasi dan
pendampingan program didukung oleh berbagai mitra yang memiliki misi dan visi
yang bersinggungan dengan Yayasan Tananua Flores. Beberapa mitra yang pernah
mendukung: World Neighbors, WFP, OXFAM,
CUSO, VSO, VECO, dan yang MISEREOR, CEPF, SAMDANA, BLUE VENTURE, dan masih ada beberapa yang mendukung
kegiatan secara temporer termasuk dari Pemda Kabupaten Ende melalui BPMPD
kabupaten Ende untuk program pemberdyaan. Dan terbuka kerja sama dengan mitra
baru kedepan untuk pemberdayaan petani.
Dalam penguatan
organisasi dan pendampingan
program di lapangan Tananua Flores diperkuat dengan prasarana kantor dan managemen pelaksana
program antara lain: Pendamping Lapangan, Divisi Pengembangan
Masyarakat, Divisi Bisnis, Manajer
Keuangan, Manajer Kantor, Manajer Program dan
Direktur Eksekutif
0 Komentar