Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Design created with PosterMyWall

Masyarakat Tanda Au Desa Hangalande Baru mendapat Akses Jalan Raya

Ende , Tananua Flores | Tanda Au adalah sebuah kampung yang berada di desa hangalande kecamatan kotabaru, kabupaten Ende Propinsi NTT. Nama kampung Tanda Au kalau dilihat memang tidak di kenal sama sekali, tidak sefamiliar kampung-kampung yang lain. Kampung  Tanda Au ini dari keadaan geografisnya berada di bagian utara  kabupaten Ende dan masih sangat terpencil .

Konon katannya Kampung ini Jauh dari Perhatian pemerintah kabupaten ataupun Desa, dan menjadi bukti sekarang ini Jalan Raya saja baru masuk apalagi pembangunan yang lain.

Kehidupan masyarakatnya masih tergolong asli sebab sebagian nilai-nilai kehidupan social budayanya masih sangat kuat.

Kali ini kampung Tanda au yang berada di desa Hangalande menjadi dampingan Tananua Flores.

Beberapa pekan terakhir dari yayasan Tananua flores melakukan kegiatan di kampong tersebut dengan tujuan agar program pemberdayaan bisa dijalankan dan melakukan pendampingan terhadap kelompok tani yang ada di kampong  tersebut.

 Kegiatan yang dilakukan pada (5/10) itu adalah Monitoring dan Subervisi terkait pelaksanaan beberapa program pemberdayaan.

Seusai Kegiatan Masyarakat menceritakan bahwa baru di tahun 2021 ini kampung Tanda au yang juga salah satu dusun dari desa Hangalande baru mendapatkan perhatian pemerintah dalam hal pembangunan sarana dan prasarana.   

Informasi itu di perkuat lagi dengan Salah satu staf Desa bidang Pembangunan. Yang mengatakan bahwa memang benar adanya di dusun tanda au saat ini baru mendapatkan akses pembangunan.

 “Seingat saya bahwa pembangunan di Dusun Tanda Au pada tahun 1987 dengan bantuan rumah dan air pada masa pemerintah bapak Matias mantan Desa Hangalande”, Katanya.

Dengan nada agak bergetar dan mata berbinar binary menahan tangis haru dari wajah bapak Sius Mengatakan bahwa  dalam proses meloloskan jalan menuju Tanda Au kami melewat proses yang sangat panjang dan tertantang karena persoalan antara mosalaki yang sudah sekian lama.  

Lanjut dia katannya” butuh pengorbanan, butuh pendekatan dan strategi yang baik, Urusan ini perna diurus oleh 3 camat namun menemukan jalan buntuh, maka dengan cara dan mungkin saja jalan Tuhan serta dukungan leluhur sehingga jalan menuju dusun ini bisa terwujud/terlaksanakan,.

Salah seoarang tokoh masyarakat yang namannya Simi mengungkapkan “ Kami sangat bahagia dan bersyukur atas bantuan pemerintah untuk membuka akses jalan menuju kampung kami,”Ungkapnnya

Kata Simi “Selama beberapa hari ini kami semua masyarakat dusun secara bersama - sama dengan eksavator yang melakukan penggusuran kami masyarakat menyediakan makan dan minum bersama kurang lebih 5 hari,”Tambahnya.

Simi menuturkan” bangun kampung ini dengan kekuatan swadaya kami sendiri dimana buktinya semua masyarakat melakukan bakti Gali jalan dari Dusun/Kampung Tanda Au menuju ruas jalan Hangalande- Liselande tahun 2010 sejauh 2,5 km;  Jalan dari Tanda Au sekarang  menuju Kampung Lama dan yang ke tiga Jalan dari kampong Tanda Au menuju Detu Peri”, tutur Simi

Sekarang ini masyarakat Dusun Tanda Au sudah merasakan dan menikmati jalan yang selayaknya sebagai warga desa Hangalande, sebagai bukti kerja keras masyarakat dan perhatian pemerintah bagi masyarakat desa setempat. ***HS***LIKALAPU

Posting Komentar

0 Komentar