Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Design created with PosterMyWall

Tananua Flores Sosialisasi Program Kelautan Perikanan di Desa Maubasa kecamatan Ndori

 


Ende, Tananua Flores| Yayasan Tananua Flores Sosialisasi Program perikanan dan Kelautan di desa Maubasa kecamatan Ndori kabupaten Ende. Sosialisasi itu melibatkan perwakilan masyarakat 4 Desa di wilayah kecamatan Ndori, Pemerintah Kecamatan, Kantor Cabang kelautan dan Perikanan Propinsi NTT. 

Sosialisasi tersebut di laksanakan di aulah Kantor Desa Maubasa pada selasa 8 Juni 2021. 

Camat Ndori Paul Marsel Frederikus dalam forum sosialisasi tersebut Menyambut baik terhadap Yayasan Tananua Flores terkait  kerja pendampingan yang dijalankan lewat program Kelautan dan Perikanan. 

Selain itu camat Paul juga meminta partisipasi Penuh Masyarakat dalam merespon kegiatan yang di lakasanakan Tananua di bidang Perikanan dan kelautan. 

 

Menurutnya bahwa Program yang dicanangkan ini sangat baik dan Fokusnya lebih pada pemberdayaan Masyarakat desa yang ada di wilayah kecamatan Ndori, dengan tujuan adalah peningkatkan sumber Pendapatan para Nelayan yang aktivitas utama adalah Gurita. 


Camat Paul  mengharapkan  perwakilan nelayan gurita dari 4 Desa yang menjadi sasaran Pendampingan Yayasan Tananua Flores agar bisa mempunyai produk unggulan yang datang dari wilayah kecamatan Ndori, dan tentu 4 desa ini yang menjadi Penunjuk awal.

 

Paul meminta semua pihak yang terlibat harus mulai bagi-bagi peran dalam mendukung program LSM Yayasan Tananua yang juga bagian dari kolaborasi dengan Program Pemerintah. 

 

" Kita mulai hari ini kita bagi-bagi Peran mulai dari camat, kepala desa, Dinas  cabang Kelautan dan Perikanan Propinsi NTT, Yayasan Tananua,dengan kelompok nelayan Gurita", Ungkapnya

 

Lanjut Camat" Maksud kita bagi-bagi peran ini agar kedepannya harus berpartisipasi aktif  dalam membagun koordinasi dan konsultasi demi kemajuan desa-desa yang ada di wilayah kecamatan Ndori. 

 


Dia menyebutkan  semua sudah ada dalam aturan RTRW pembangunan di wilayah kecamatan Ndori, Sekarang tinggal bagaimana menterjemahkannya.  

 

Sosialisasi program kelautan dan Perikanan tersebut adalah langka awal agar kedepannya ketika menjalankan program semuanya sudah tau baik masyarakat maupun pemerintah desa setempat 

 

" Kami melakukan sosialisasi ini agar masyarakat dan pemerintah di wilayah kecamatan Ndori harus mengenal Tananua Flores , Visi Misi dan Program kerjannya, sehingga di kemudian hari tidak menjadi hal baru bagi bapak ibu yang ada di sini,"ungkap Maria Petronela akrapnya disapa Metty,

 

Metty menjelaskan Yayasan Tananua Flores adalah Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak di bidang pemberdayaan manusia, Tananua flores adalah lembaga Non Pemerintah, jadi kita kedepannya berkolaborasi untuk menyukseskan program ini",Jelasnnya.

 

Kali ini Kata Pius Tananua Flores akan mendampingi  desa di wilayah kecamatan Ndori dan desa  yang ada di wilayah kabupaten Nagekeo letaknnya di Kecamatan Nangaroro, Dua desa lama yaitu Desa maurongga, dan kelurahan Tetandara Lingkungan Arubara.

 

Yang akan di dampingi Tananua kedepan adalah kelompok nelayan yang focus pada penangkapan Gurita, artinya disini Gurita menjadi Pintu masuk untuk Tananua Flores bisa membantu dan mendampingi masyarakat desa.

 

Pius Menuturkan visi utama dari Program Perikanan dan Kelautan  adalah Masyarakat Sejahtera  dan Lingkungan Lestari. Ia menggambarkan bahwa Program yang akan dijalankan ke depan akan bekolaborasi bersama pemerintah setempat. (JF)

Posting Komentar

0 Komentar