Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Design created with PosterMyWall

Demi Mendapatkan Data yang Maksimal, Tananua Flores Rekrut dan Melatih Enumerator


Ende, Tananua Flores |
 Yayasan Tananua Flores Selenggarakan Pelatihan Enumerator yang akan di jadikan sebagai petugas pendataan Gurita di masing-masing desa. Sebanyak 8 orang yang di rekrut dari desa untuk mengikuti pelatihan di kantor Tananua Ende pada 2-3 September 2021.

Turut terlibat dalam pelatihan tersebut 4 staf Lapangan Pendampingan di desa yang  nantinya menjadi salah satu bagian dalam proses pengawalan dan pendampingan kepada Enumerator pada saat proses pendataan.

Direktur Yayasan Tananua Flores Bernadus Sambut ketika membuka kegiatan pelatihan tersebut menuturkan bahwa Pelatihan ini dilaksanakan agar bapak ibu yang di percayakan sebagai Enumerator  bisa memahami terkait dengan Pendataan dan juga bisa mengetahui aktivitas Nelayan dalam menangkap Gurita.

Selain itu, Bernadus mengatakan 8 orang yang mengikuti pelatihan ini bisa memahami seberapa penting data dan apa tujuan Tananua Flores mendamping Nelayan Gurita.

Menurutnya bahwa  Gurita merupakan salah satu komuditas yang akan di Ekspor ke luar negeri, sebab Gurita adalah salah satu jenis makan yang disukai oleh orang-orang barat.  

Sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat Yayasan Tananua Flores sudah Mendampingi banyak desa mulai dari desa yang ada di gunung hingga desa yang ada di pesisir.

Untuk Program Perikanan dan kelautan Tananua mulai mendampingi sejak tahun 2019 dengan mendampingi para nelayan penangkap Gurita. Tananua awali dengan 2 Desa yaitu keluarahan Tetandara lingkungan arubara dan Desa Maurongga di kecamatan Nangapanda. Dan Untuk Tahun 2021 Tananua menambah lagi 2 Desa Dampingan yaitu desa Pedonura di kabupaten Nagekeo dan Desa maubasa di kecamatan Ndori kabupaten Ende.

Lebih Jauh Bernadus Menjelaskan bahwa  “Tugas Enumerator kedepannya adalah melakukan pendataan terhadap nelayan yang menangkap gurita dan Pendataan itu dilakukan setiap hari ketika nelayan yang menangkap gurita pulang dari laut” Jelasnya.

Sementara itu Made Dharma dari Pesisir Lestari Menerangkan  bahwa Pendataan terhadap Gurita adalah penting dilakukan oleh enumerator karena data merupakan salah satu dasar dalam proses pengelolaan Lokal kawasaan di wilayah Pesisir.

Dalam pemaparan Materinya dharma menjelaskan Yayasan Pesisir Lestari adalah organisasi konservasi yang bertujuan mendorongkan pengelolaan sumber daya laut berbasis masyarakat pesisir untuk meningkatkan kesejahteraan mereka dan melestarikan ekosistem laut yang berkelanjutan untuk generasi masa depan

 


Dan Pendekatan yang di bagun adalah Mendampingi Masyarakat,Mendukung Mitra dan Mendukung Jaringan. Semuannya itu menjadi satu pola pendekatan untuk membangun kesadaran masyarakat terkhususnya Nelayan pencari Gurita.

 

Terkait dengan Pendataan Gurita Dharma Mengungkapkan bahwa Data yang di ambil oleh enumerator nantinya akan di kaji dan dianalisis kemudian akan kembali ke masyarakat agar masyarakat bisa mengetahui potensi yang mereka miliki.

 

“Data yang di ambil oleh Enumerator nantinnya akan di teruskan ke Tananua dank e YPL untuk di analisisi dan setelah itu akan di kembalikan kemasyarakat untuk diketahui potensi yang mereka miliki”, Ungkapnya

 

Oleh : Jhuan Mari  

 

 

Posting Komentar

0 Komentar