Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Design created with PosterMyWall

Kerja Sama Tananua Flores dan Misereor dorong Program Penghidupan Berkelanjutan

Ende, Tananua Flores, | Yayasan Tananua Flores gelar jumpah Pers terkait program kerja sama dengan Misereor Jerman. Issu yang di angkat dalam program kerja sama itu adalah  Penghidupan Berkelanjutan Daerah Hulu kabupaten Ende.

Jumpah pers itu dilaksanakan di Mbu'u beach Desa Nanganesa kabupaten Ende, pada 22 Desember 2021.

Dalam jumpa pers tersebut Bernadus Sambut mengatakan yayasan Tananua Flores mendampingi masyarakat dengan issu pengelolaan sumber daya alam berbasis masyarakat, dengan visi lingkungan Lestari, masyarakat sejahtera. 

Direktur menyebutkan issu dan visi tersebut dikemas dalam  sebuah pendekatan"Uma Sao Rega". 

"Pendekatan dan konsep Uma Sao Rega yang kami lakukan maka melahirkan 4 program utama yaitu Organisasi Petani, pertanian berkelanjutan, ekonomi kerakyatan, dan kesehatan Primer", katanya.

Dia menjelaskan sampai saat ini desa yang Tananua damping dengan  program Penghidupan berkelanjutan sebanyak 23 desa di 8 kecamatan  wilayah kabupaten Ende. Sedangkan di program kelautan dan perikanan ada 6 desa yang tersebar di 5 kecamatan di 2 kabupaten yaitu Nagekeo dan Ende. Jumlah penerima manfaat langsung sebanyak 1995 orang di program pertanian, ada sebanyak 150 kelompok, 350 kader Pembangunan Desa dan ada 15 BUMDES yang di dampingi staf lapangan Tananua.

Jumpah pers juga dalam rangkah memberitahukan kepada publik sebagai bagian dalam proses pengawasan.

" Kami Tananua Flores di awal tahun dengan program baru ini, apa yang di kerjakan Tananua harus publik atau masyarakat di kabupaten Ende bisa mengetahuinya",kata Bernadus

Lanjut Dia bahwa dengan diselenggaran jumpah Pers ini kita menyadari bahwa dengan program kerjasama harus butuh pengawasan dari masyarakat selain lembaga-lembaga pengawasan yang ada.

Menjawab pertanyaan wartawan, mengapa program Penghidupan berkelanjutan harus memilih desa-desa yang ada di hulu? 

Hironimus Pala menjelaskan bahwa masyarakat desa yang ada di hulu masih banyak membutuhkan pendampingan secara rutin sebab, di hulu seluruh akses pengetahuan dan pembangunan masih sangat sulit.

Kedepannya Program yang akan dijalankan ke desa dampingan Tananua terdiri dari program petani berkelanjutan, kesehatan primer, organisasi petani dan konservasi lingkungan hidup. 

Menurutnya bahwa sejak 32 tahun di hulu tempatnya memang jauh dari kota, dan berada di wilayah pedalaman. Semua sumber informasi sulit di jangkau, pengetahuan juga terbatas.

Dijelaskannya praktek kerja untuk penghidupan berkelanjutan yang di lakukan petani di hulu sangat terbatas dan yang di kerjakan sekarang masih praktek kerja warisan dari orang tua mereka. Praktek kerja juga masih juga sangat tradisional dan itu membuat peningkatan pada taraf hidup akan sangat lamban.

" Kami damping desa yang ada di hulu karena disana praktek kerja masih sangat manual masih mengikuti warisan orang tua terdahulu, lalu sumber benih pangan masih sangat tersedia ", ungkap Nimus.

Selain itu, Nimus pala juga menyampaikan dari data yang ada Kabupaten Ende ada puluhan desa yang rentan terhadap persoalan pangan. Dan dari data tersebut sebanyak 13 desa yang rentan terhadap persoalan pangan.

" 13 desa yang sangat rentan dengan persoalan pangan dan dari desa itu salah satu juga ada di desa Dampingan Tananua dan juga di luar desa dampingan", ungkap Nimus.

Untuk membiayai program yang direncanakan selama 3 tahun yang akan datang Halima Tus'dyah menjelaskan untuk program kerjasama Tananua dan Misereor Jerman yang baru ini terdiri dari beberapa sumber pendanaan. Pertama, dana sebesar euro 100,000 dari Misereor, dana sebesar euro 215,000 dari pemerintah Jerman dan dana dari Tananua sebesar euro 15.000.

Dengan besar dana ini akan membiaya seluruh kerja-kerja Program yang telah di sepakati. 

" Tananua berkomitmen untuk selalu membangun kerja sama dan berkolaborasi bersama pemerintah setempat agar bisa bersama mewujudkan tujuan dari program", Tutup Halimah.



Posting Komentar

0 Komentar